Jumat, 04 Februari 2022

 

1.4.a.10.2

LAPORAN

TINDAKAN AKSI NYATA

BUDAYA POSITIF

Di SMK Muhammadiyah 2 Andong

 

Judul Modul                : Menerapkan Budaya Positif  “Saya Sadar, Saya Pikir” di Sekolah

Nama CGP                  : Sunardi, S.Pd ( SMK Muhammadiyah 2 Andong )

 

A.    Latar Belakang

            Budaya positif adalah budaya yang dapat menuntun kita menjadi orang-orang yang baik serta memiliki karakter yang kuat pada peserta didik. Budaya positif baik bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja saja. Di sekolah, di rumah, di masyarakat maupun di jalan. Di sekolah budaya positif sangat banyak kita temukan oleh Peserta didik, Pendidik maupun warga sekolah lainnya. Tidak usah jauh-jauh kita menemukan atau kita memahami tentang budaya positif, kita mulai memperhatikan hal-hal yang kecil misalkan, Ketika kita melihat salah satu peserta didik menyapa temannya, mengambil sampah, memberi salam dan masih banyak lagi yang dapat kita temukan.

            Disiplin budaya positif pada peserta didik akan menumbuhkan karakter yang kuat dan berbudaya kerja yang baik pula, hal ini selaras dengan visi SMK Muhammadiyah 2 Andong yaitu menciptakan lulusan yang berprestasi, religius, interprainership dan berbudaya kerja unggul. Pendidik dengan berkolaborasi teman sejawat, kepala sekolah bahkan semua warga sekolah sampai petugas kebersihan dapat membimbing, sebagai teladan dan memotivasi dengan praktik-praktik baik sebagai budaya disekolah.

            Saat ini perkembangan zaman cepat sekali berubah dan berkembang. Manusia dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman yang semakin cepat, seperti saat ini sudah masuk dalam revolusi industri 4.0. Semua kegiatan membutuhkan teknologi, serta dunia pendidikan juga harus berkembang mengikuti zamannya. Pendidik akan dituntuk untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaranya. Serta peserta didik juga harus mampu berfikir kritis, kreatif, ckomunikatif  dan colaboratif. Dalam hal ini saya ingin meningkatkan berfikir kritis peserta didik dengan metode “saya sadar, saya pikir”. Dengan pola pendekatan ini peserta didik diarahkan untuk bisa memahami hal hal yang mereka amati dan mereka bisa melakukan perbaikan berdasarkan analisa dan data yang mereka kumpulkan. Dan memiliki inovasi untuk penyelesainnya.

 

B.     Tujuan

            Tujuan dari program ini adalah untuk melatih dan meningkatkan peserta didik untuk mampu menganalisa fakta yang ada dan untuk bisa memberikan penilaian serta memiliki karakter budaya kerja yang kuat.

 

C.    Diskripsi Aksi Nyata

            Setrategi yang kami gunakan untuk membangun budaya positif di SMK Muhammadiyah 2 Andong adalah dengan membuat kesepakatan mengenai aturan yang akan diberlakukan disekolah. Berdasarkan aturan tata tertib tersebut sebagai acuan bagi kita semua pendidik untuk bisa mewujudakn budaya positif di sekolah. Di SMK Muhammadiyah 2 Andong sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Sehingga secara tidak langsung bisa mengamati perubahan tingkah laku peserta didik untuk bisa melakukan budaya positif di sekolah.

            Di dalam kelas saya menggunakan prinsip model pembelajaran “saya sadar saya pikir” dimana peserta didik bisa langsung mendapatkan sebuah permasalahan dan dapat mencari literasi dan berdiskusi dengan rekanya untuk membuat kesimpulan. Kesimpulan pendapat didapatkan dari hasil diskuri dan analisa fakta yang sudah ada. Selain dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Muhammadiyah 2 Andong juga menerapkan budaya kerja industri dimana target utamanya adlaha dalam bidang 5 S (seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke), hal ini untu menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan yang ada di sekolah.

            Untuk laporan hasil diskusi dari program pembelajaran peserta didik, menggunakan poster atau infografis dalam laporan kegiatan dan presentasi, hal ini sejalan dengan menumbuhkan budaya one sheet report dan presentasi skill pada peserta didik. Dengna hal tersebut peserta didik memiliki kebebasan dalam berkreasi  saat pembuatan laporan poster atau infografis sesuai dengan imajinasi mereka. Hasil dari kegiatan tersebut di kirimkan ke guru mapel dan grup kelas, serta dilakukan presentasi untuk bisa mendapatkan tanggapan dari peserta didik lain.

 

 

 

D.    Hasil Aksi Nyata

                                                   Laporan Kerja Siswa Kelas XI TKR1 Sistem Transmisi

 

Menggali Potensi Siswa XII TKR 1 



Budaya Kerja Industri 5S 




Kegiatan Pembelajaran



 

            Semua kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik merupakan hasil kesepakatan antara semua warga sekolah dalam kegiatan program 5S sedangkan untuk kegiatan pengalian minat bakat siswa atau potensi siswa didasarkan pada kebutuhan pendidik untuk bisa memahami keinginan peserta didik. Sedangkan untuk kegiatan pembelajaran merupakan kesepakatan kelas. Dimana dengan model kesepakatan bersama antara dua belah pihak bisa menumbuhkan antusiasme belajar peserta didik. Serta peserta didik memiliki gambaran dunia kedepan sepeti apa dan tantangan kedepan seperti apa.

            Dengan peserta didik diberikan kesempatan untuk bisa mengaktualisasikan diri sesuai dengan keamampuannya, dengan mendisain one sheet report serta presentasi skill. Peserta didik bisa berlatih dan menunjukan kemampuan mereak dan bakat mereka secara nyata. Serta peserta didik mampu sadar akan kegiatan mereka berdasarkan analisa yang mereka buat melewati literasi yang mereka dapatkan. Sehingga bisa memunculkan ide gagasan baru untuk perbaikan setiap problem yang mereka hadapi kedepan. Kemampuan berfikir kritis mereka bisa terasah.

 

E.     Penutup

            Tentunya setiap program yang dibuat belumlah tentu bisa memuaskan dari si pembuat program, msail banyak hal hal yang perlu dilakukan perubahan perubahan. Dengan tujuan perubahan yang lebih baik sehingga terwujudnya budaya positif disekolah. Demi mendukung peserta didik dalam mendapatkan kenyamanan dalam belajar. Dan terwujudnya profil pelajar pancasila

            Dengan komitmen bersama antara warga sekolah serta interaksi yang baik antar sesama warga sekolah diharapkan budaya positif dapat terbentuk. Sehingga kenyamanan dalam belajar peserta didiksebagai target utama. Karena kenyamana dalam belajar adalah hal yang mutlak harus didapatkan peserta didik.


Link Video Pengimbasan Modul 1 Budaya Positif

 https://youtu.be/NR4yTr5tlVY

            https://drive.google.com/file/d/1JyW_2ywrCZklsHGEMuYceGUFrb9Dq9r9/view?usp=sharing

  Mulai dari DIRI – Visi Sekolah Drs. Kamtar SMK Muhammadiyah 2 Andong A.       Merangkai Mimpi Lewat Kata - Kata 1.     Kami memimpik...