Senin, 23 Mei 2022

TUGAS 

3.2.a.6

REFLEKSI TERBIMBING

PEMIMPIN dalam PENGELOLAAN SUMBER DAYA

1.     Apa yang menarik dari proses dah hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah?

Jawab

Yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang potensi sumber daya daerah untuk sekolah yaitu saya bisa mengetahui dan mengidentifikasi aset aset daerah yang belum kita astau sekolah manfaatkan secara maximal. Dimana diwilayah kami kecematan adnong dan sekitarnya memiliki aset daerah yang sangat banyak dan bahkan bisa dikatakan lengkap. Dengan begitu kita bisa memanfaatkan kekuatan itu untuk sarana proses pembelajaran yang bermakna. Dengan pendekatan berbasis aset saya yakin dengan memanfaatkan kekuatan dan potensi yang dimiliki daerah kami sangatlah bisa digunakan untuk mengembangkan dan memajukan perkembangan dan kemajuan pendidikan di sekolah kami.

2.  Apakah pola pikir yang anda pikirkan sebelum mempelajari modul ini? Apakah menggunakan pendekatan aset atau masalah

Jawab

Pola pokir yang saya bangun sebelum belajar modul ini adalah pendekatan berbasis kekurangan atau masalah. Dimana semua permasalahn yang di identifikasi harus terselesaiakn. Dengan model seperti ini kita bisa menyelesaikan masalah akan tetapi kurang efektif dalam pelaksanaanya. Setelah mempelajari modul ini pastinya kami memdapatkan sebuah ide atau solusi untuk mengembangkan sekolah berdasarkan potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah. Dengan begitu kita bisa memaksimalkan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah untuk perkembangan sekolah lebih efektif dan terukur. Meskipun kita juga tidak boleh lepas dengan analisa swot yang menggunkan pndekatan bebrbasis masalah.

3.      Jika ada perubahan? Sebutkan apa perbedaanya dan mengapa berubah?

Jawab

Perbedaan antara dua pendekatan pastinya ada, dimana pendekatan bebrbasih masalah adalah pendekatan yang menitik beratkan pada masalah dan isu yang berkembang, fokusnya selalu dalam batas kekurangan dan mencari solusi untuk menyelesaikan kekurangan tersebut. Sedangkan pendekatan berbasis aset adalah pendekatan yang menitik beratkan kepada kekuatan dan potensi yang dimiliki sekolah, kemampuan untuk mengorganisasikan komponen sumber daya yang dimiliki sekolah secara maximal. Dengan demikian pendekatan model aset sangatlah membantu setiap kegiatan yang direncanakna sekolah yang tidak selalu dengan materi akan tetapi potensi yang dimiliki.

4.       Apa yang perlu anda lakukan jika anda dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis aset?

Jawab

Membuat sebuah visi dan misi yang jelas berdasarkan analisa kekuatan dan potensi yang dimiliki sekolah. Melaksanakan program kerja sampai dengan rencana aksi nyata yang jelas. Sehingga apa yang kita lakukan bisa seabagai sumber inspirasi yang menjadikan kekuatan dan potensi sekolah yang nyata. Serta menjalankan kegiatan tersebut secara kontinyu dan konsisten untu sebagai acuan kita dalam bekerja

5.  Buatlah Satu gambar/simbol/kata yang bisa menggambarkan apa yang anda rasakan saat ini terkait pembelajaran?

Jawab

Sebagai pemimpin pembeajaran haruslah berfikir positif dan berkemajuan dalam mengatasi problem yang ada di sekolah dengan mengunakan beberapa model pendekatan. Baik pendekatan berbasais masalah ataupun pendekatan berbasis aset. Sebagai pemimpin pembelajaran bisa menggunakan pendekatan berbasis aset untuk pengelolaan sumber daya yang dimiliki sekolah. Dengan mengembangkan potensi yang dimiiki sekolah dan disesuikan dengan visi mis yang tepat serta rencana kerja yang pas kita bisa membayangkan dan bermimpi akan kesuksesan sekolah yang kita jalankan. Tentunya tidal lepas pula dari sebuah pendekatan yang pas pula


  Mulai dari DIRI – Visi Sekolah Drs. Kamtar SMK Muhammadiyah 2 Andong A.       Merangkai Mimpi Lewat Kata - Kata 1.     Kami memimpik...