TUGAS
3.2.a.6
REFLEKSI TERBIMBING
PEMIMPIN dalam PENGELOLAAN SUMBER DAYA
1. Apa yang menarik dari proses dah hasil pemetaan tentang sumber
daya di daerah untuk sekolah?
Jawab
Yang menarik dari
proses dan hasil pemetaan tentang potensi sumber daya daerah untuk sekolah
yaitu saya bisa mengetahui dan mengidentifikasi aset aset daerah yang belum
kita astau sekolah manfaatkan secara maximal. Dimana diwilayah kami kecematan
adnong dan sekitarnya memiliki aset daerah yang sangat banyak dan bahkan bisa
dikatakan lengkap. Dengan begitu kita bisa memanfaatkan kekuatan itu untuk
sarana proses pembelajaran yang bermakna. Dengan pendekatan berbasis aset saya
yakin dengan memanfaatkan kekuatan dan potensi yang dimiliki daerah kami
sangatlah bisa digunakan untuk mengembangkan dan memajukan perkembangan dan
kemajuan pendidikan di sekolah kami.
2. Apakah pola pikir yang anda pikirkan sebelum mempelajari modul
ini? Apakah menggunakan pendekatan aset atau masalah
Jawab
Pola pokir yang
saya bangun sebelum belajar modul ini adalah pendekatan berbasis kekurangan
atau masalah. Dimana semua permasalahn yang di identifikasi harus terselesaiakn.
Dengan model seperti ini kita bisa menyelesaikan masalah akan tetapi kurang
efektif dalam pelaksanaanya. Setelah mempelajari modul ini pastinya kami
memdapatkan sebuah ide atau solusi untuk mengembangkan sekolah berdasarkan
potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah. Dengan begitu kita bisa memaksimalkan
kekuatan yang dimiliki oleh sekolah untuk perkembangan sekolah lebih efektif
dan terukur. Meskipun kita juga tidak boleh lepas dengan analisa swot yang
menggunkan pndekatan bebrbasis masalah.
3. Jika ada perubahan? Sebutkan apa perbedaanya dan mengapa berubah?
Jawab
Perbedaan antara
dua pendekatan pastinya ada, dimana pendekatan bebrbasih masalah adalah
pendekatan yang menitik beratkan pada masalah dan isu yang berkembang, fokusnya
selalu dalam batas kekurangan dan mencari solusi untuk menyelesaikan kekurangan
tersebut. Sedangkan pendekatan berbasis aset adalah pendekatan yang menitik
beratkan kepada kekuatan dan potensi yang dimiliki sekolah, kemampuan untuk
mengorganisasikan komponen sumber daya yang dimiliki sekolah secara maximal. Dengan
demikian pendekatan model aset sangatlah membantu setiap kegiatan yang
direncanakna sekolah yang tidak selalu dengan materi akan tetapi potensi yang
dimiliki.
4. Apa yang perlu anda lakukan jika anda dapat terus berpikir
dengan pendekatan berbasis aset?
Jawab
Membuat sebuah
visi dan misi yang jelas berdasarkan analisa kekuatan dan potensi yang dimiliki
sekolah. Melaksanakan program kerja sampai dengan rencana aksi nyata yang
jelas. Sehingga apa yang kita lakukan bisa seabagai sumber inspirasi yang
menjadikan kekuatan dan potensi sekolah yang nyata. Serta menjalankan kegiatan
tersebut secara kontinyu dan konsisten untu sebagai acuan kita dalam bekerja
5. Buatlah Satu gambar/simbol/kata yang bisa menggambarkan apa yang
anda rasakan saat ini terkait pembelajaran?
Jawab
Sebagai pemimpin
pembeajaran haruslah berfikir positif dan berkemajuan dalam mengatasi problem
yang ada di sekolah dengan mengunakan beberapa model pendekatan. Baik pendekatan
berbasais masalah ataupun pendekatan berbasis aset. Sebagai pemimpin
pembelajaran bisa menggunakan pendekatan berbasis aset untuk pengelolaan sumber
daya yang dimiliki sekolah. Dengan mengembangkan potensi yang dimiiki sekolah
dan disesuikan dengan visi mis yang tepat serta rencana kerja yang pas kita
bisa membayangkan dan bermimpi akan kesuksesan sekolah yang kita jalankan. Tentunya
tidal lepas pula dari sebuah pendekatan yang pas pula