RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Muhammadiyah 2 Andong
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas / semester : XI / 3
Tahun Ajaran : 2013/2014
Standar Kompetensi : Melakukan perbaikan pada sistem
pengapian
Kode kompetensi : KK.EC.05
Kompetensi Dasar : Mendiagnosis
gangguan pada sistem pengapian
Alokasi waktu : 18 x 45 menit
A.
INDIKATOR
1.
Informasi yang benar diakses
dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
2.
Gangguan gangguan pada system
pengapian didignosis dengan benar
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
AKADEMIS
1.
Siswa dapat menjelaskan cara kerja sistem pengapian sesuai penggunaannya
2.
Siswa dapat menjelaskan gangguan-gangguan yang terjadi pada sistem
pengapian
3. Siswa dapat menjelaskan kemungkinan
penyebab kerusakan system pengapian.
2.
KARAKTER
1.
Siswa menjadi pribadi yang
mandiri
2.
Siswa menjadi pribadi yang
disiplin
3.
Siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
C. MATERI PEMBELAJARAN
MACAM-MACAM GANGGUAN PADA SYSTEM PENGAPIAN
D.
METODE & MODEL PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Praktik diagnosis
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
||
1
|
KEGIATAN AWAL
|
||
a.
Apersepsi materi pembelajaran
b.
Memberikan sekilas informasi
mengenai pentingnya diagnosis pada system pengapian sepeda motor.
c.
Memberikan Informasi mengenai
tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran Review materi yang
telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya
|
a.
Menanggapi
dan bertanya
b.
Memperhatikan,
menaggapi dan bertanya
c.
Memperhatikan,
menaggapi dan bertanya
|
60”
|
|
2
|
KEGIATAN INTI
|
||
a.
Mendemonstrasikan cara
melakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen system pengapian
b.
Menjelaskan
materi mengenai macam-macam gangguan pada sistem pengapian sepeda motor
c.
Menjelaskan materi mengenai
penyebab terjadinya gangguan
d.
Membagi kelompok siswa, 1
kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa.
e.
Memberikan job sheet dan
sepeda motor peraga kepada kelompok siswa.
f.
Membimbing siswa dalam
melaksanakan praktik diagnosis system pengapian sepeda motor
|
a.
Memperhatikan,
mencatat dan bertanya
b.
Memperhatikan,
mencatat dan bertanya
c.
Memperhatikan,
mencatat dan bertanya
d.
Praktik
|
690”
|
|
3
|
KEGIATAN AHIR
|
||
a.
Guru
memerintahkan siswa untuk mengumpulkan hasil job sheet diagnosis sistem
pengapian sepeda motor
b.
Membuat kesimpulan materi
akhir pembelajaran
c.
Memberikan tes tertulis
|
a.
Mengumpulkan hasil rangkuman
b.
Memperhatikan,
mencatat dan bertanya
c.
Mencatat
tugas
|
60”
|
|
JUMLAH
|
810”
|
F.
SUMBER BELAJAR:
1.
Media
1.Gambar
2.Slide power
point
3.Modul dan
job sheet
4.Unit
kendaraan
2.
Alat
1.LCD
proyektor
2.Peralatan pengukuran
3.Tool box
3.
Pustaka
1. Jalius jama
(2008) Teknik sepeda motor
2. Spesifikasi
pabrik untuk kendaraan
3.Spesifikasi
pabrik untuk produk/komponen
4.SOP
(Standard Operation Procedures) perusahaan
G.
EVALUASI
Terdiri dari
penilaian:
1.
Pengetahuan (kognitif)
2.
Sikap(afektif)
3.
Unjuk kerja (psikomotorik)
PENILAIAN
PENGETAHUAN (KOGNITIF)
SOAL
1.
Sebutkan beberapa permasalahan
yang sering terjadi pada sistem pengapaian
2.
Jelaskan kemungkinan penyebab
terjadinya permasalahan pada sistem pengapian
3.
Jelaskan prosedur pemeriksaan
CDI pada sistem pengapian
4.
Jelaskan prosedur pemeriksaan
coil pada sistem pengapian
5.
Jelaskan prosedur pemeriksaan
busi pada sistem pengapian
KUNCI JAWABAN
(Terlampir)
RUBRIK PENSEKORAN
KOGNITIF
No. Soal
|
Kriteria penilaian
|
Nilai
Skor
|
Nilai
|
1
|
Jawaban benar
|
20
|
20
|
Jawaban cukup sesuai
|
15
|
||
Jawaban kurang sesuai
|
10
|
||
Jawaban salah
|
5
|
||
2
|
Menjawab benar 3
|
20
|
20
|
Menjawab benar 2
|
15
|
||
Menjawab benar 1
|
10
|
||
Jawaban salah
|
5
|
||
3
|
Jawaban benar
|
20
|
20
|
Jawaban cukup sesuai
|
15
|
||
Jawaban kurang sesuai
|
10
|
||
Jawaban salah
|
5
|
||
4
|
Jawaban benar
|
20
|
20
|
Jawaban cukup sesuai
|
15
|
||
Jawaban kurang sesuai
|
10
|
||
Jawaban salah
|
5
|
||
5
|
Jawaban benar
|
20
|
20
|
Jawaban cukup sesuai
|
15
|
||
Jawaban kurang sesuai
|
10
|
||
Jawaban salah
|
5
|
||
Jumlah nilai skor sempurna
|
100
|
||
Jumlah nilai total
|
100
|
PENILAIAN SIKAP
(AFEKTIF)
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
UNSUR ASPEK
|
BOBOT
|
KRITERIA
|
SKOR
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
|||||
1.
|
Kehadiran
|
-
Selalu hadir dalam kelas sesuai dengan jumlah
pertemuan dan jam efektif serta tepat waktu
|
20
|
|||||
2.
|
Partisipasi dalam kelas
|
-
Fokus mengikuti proses belajar mengajar
-
Keaktifan bertanya dan mengemukakan pendapat
|
10
20
|
|||||
3.
|
Penyelesaian tugas
|
-
Menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang
telah ditetapkan
-
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas
|
10
10
|
|||||
4.
|
Disiplin
|
-
Mentaati peraturan yang berlaku
-
Mengikuti instruksi guru
|
15
15
|
|||||
TOTAL SKOR
|
KETERANGAN
SB
(SangatBaik) = 4 point
B (Baik) =
3 point Skor
= Bobot x Point kriteria
C
(Cukup) = 2 point
K
(Kurang) = 1 point
JUMLAH NILAI TOTAL = TOTAL
SKOR x 100
400
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA (PSIKOMOTORIK)
NAMA
SISWA :
KELAS :
PROGRAM
KEAHLIAN :
KOMPETENSI :
No
|
Aspek / UraianAspek yang
dinilai
|
Kriteria
|
BOBOT
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
10
|
|
I
|
PersiapanKerja
|
||||||
1.1.
Penggunaanpakaiankerja
|
|||||||
1.2.
Persiapan tool and equipment
|
|||||||
II
|
Proses (Sistematikadan Cara
Kerja)
|
||||||
2.1. Pemeriksaan busi
|
30
|
||||||
2.2. Pemeriksaan kabel busi
|
|||||||
2.3. Pemeriksaan coil
|
|||||||
2.4. Pemeriksaan CDI
|
|||||||
III
|
SikapKerja
|
15
|
|||||
3.1. Penggunaan alat tangan dan
alat ukur
|
|||||||
3.2. Keselamatan kerja
|
|||||||
IV
|
HasilKerja
4.1 Running test
|
30
|
|||||
V
|
Waktu
|
15
|
|||||
5.1. Waktu penyelesaian praktik
|
|||||||
TOTAL SKOR
|
KriteriaPenilaian
SB (SangatBaik) = 4 point
B (Baik) =
3 point Skor
= Bobot x Point kriteria
C
(Cukup) = 2 point
K
(Kurang) = 1 point
NILAI = TOTAL SKOR x
100
860
PERUBAHAN SKOR MENJADI NILAI
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Bobot
|
∑
nilai total
|
Bobot
x ∑ nilai total
|
1.
|
Kognitif
|
30%
|
|||
Afektif
|
30%
|
||||
Psikomotorik
|
40%
|
||||
NILAI
AKHIR
|
Keterangan:
N Akhir ≥ 72 = Kompeten N Akhir
< 72 = Belum Kompeten
Andong,
30 Juli 2013
Guru
Mapel
Sunardi,
S. Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar