Sabtu, 25 Juni 2022

 3.3.a.10

Aksi Nyata

Pengelolaan Program Berdampak pada Murid

Sunardi, S.Pd

SMK Muhammadiyah 2 Andong

1.      Fact

A.    Latar Belakang

Bekerja adalah tujuan dari murid saat menentukan pilihan pada sekolah SMK. Setiap murid memiliki harapan tempat kerja yang sesuai dengan apa yang di pelajari di sekolah. Dalam satu sisi suatu industri atau perusahaan memiliki aturan yang ketat dalam mengatur karyawanya untuk peduli dengan lingkungan dan etos kerja. Dalam hal ini membekali anak untuk memiliki budaya kerja industri sangatlah penting untuk dunia SMK khususnya SMK Muhammadiyah 2 Andong.

Kegiatan untuk membudayakan siswa memiliki karakter budaya kerja dengan tujuan murid suah terbiasa dengan lingkungan kerja yang baik. Hal ini setidaknya memberikan gamabran nyata murid untuk berprilaku budaya kerja di sekolah untuk bekal dirinya kedepan. Pendekatan yang diambil oleh SMK Muhammadiyah 2 Andong adalah dengan menjalin kerjasama dengan Pintar Bersama Daihatsu (PBD) untuk memberikan bekal kepada murid tentang budaya kerja industri

 

B.     Kegiatan Aksi Nyata

Peran sumber daya aset yang dimiliki SMK Muhammadiyah 2 Andong untuk mendukung aksi nyata yang saya rencanakan sangatlah besar. Berdasarkan latar belakang maka menggunkan aset biotik sekolah berupa sarana dan prasarana sekolah sebagai tempat untuk melakukan implementasi budaya kerja dan pemenuhan kebutuhan yang dibuat.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap mandiri, kolaboratif dan peduli pada lingkungan . melatih murid untuk memiliki kepedulian kepemimpinan dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan kerja. Program budaya kerja yang akan diterapkan dalah dengan hal yang mendasar yitu dengan prgram kegiatan 5 S (seri, seiton, seiso, seiketshu, sitsuke). Program ini digunakan untuk memberikan pembiasaan murid dalam peduli lingkungan kerja dan keselamatan kerja.

Program 5 S dilakukan dengan alur BAGJA seperti berikut :

1)      Buat Pertanyaan

Gur bertanya kepada murid mengenai hal hal apa yang perlu disiapkan untuk meningkatkan persiapan dalam memasuki dunia kerja, seperti harapan murid ?

2)      Ambil Pelajaran

Menganalisa lingkunga murid uyang dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan budaya kerja murid.

3)      Gali Mimpi

Memberikan bimbingan dan sosialisaasi kepada murid untuk lebih mengenal peduli terhadap lingkungan dan keselamatan kerja dengan kegiatan 5S.

4)      Jabarkan Rencana

Berkoordinasi dengan kepala sekolah, rekan sejawat dan warga sekolah dalam program kegiatan yang dilaksanakan.

5)      Atur Eksekusi

·         Membuat tim dan PIC ruangan

·         Melakukan menejemen resiko

·         Melaksanakan monitoring dan evaluasi

·         Membuat laporan

·          

C.     Hasil Aksi Nyata

Pelaksanaan kegiatan 5 S dilaksanakan sepanjang tahun pelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Andong. Kegiatan diawalai dengan koordinasi antar pemangku kebijakan dan warga sekolah dengan membuat persamaan komitmen. Pelaksanaan 5S memusatkan kepada keselamatan dan kebersihan lingkungan kerja. Dengan memanfaatkan aset yang dimiliki sekolah. Kegiatan ini dilakukan di setiap level jengang kelas. Untuk memberikan budaya kerja industri di setiap tingkat. Dengan tujuan setiap siswa bisa membudayakan buudaya kerja industri di implementasikan di sekolah maupun di rumah ataupun saat kerja Industri.

 

2.      Feeling

Perasaan saya ketika melaksankan kegiatan aksi nyata ini memiliki rasa kurang percaya diri, tertantang dan harapan. Semua menjadi stu kesatuan dengan tekad untuk bisa membudayakn buday kerja industri disekolah. Dalam perjalanan kegiatan ini selalu ada pasang surutnya, belum bisa konsisten dilakukan di setiap jenjang. Hal ini karena banyak rekan guru yang belum memahami makna  5S secaraa menyeluruh. Dan murid masih mengamgap hal ini sebuah kegiatn yang kurang bermakna. Akan tetapi dengan seiiringnya waktu kekawatiran tersebut mulai terkikis dengan rekan guru dan murid sudah terbiasa dengan kegiatan tersbut mulai dari kebersihan, berjalan di jalur hijau dan hal yang lainya

 

3.      Finding

Pembelajaran yang didapatkan dari terlaknsanya kegiatan prograam 5S memberikan gambaran kepada saya untuk bergerak lebih lagi, membuat saya untuk berperan lebih dalam memberikan gambaran nyata kepada murid akan arti pentingnya 5S di dunia kerja. Dengan gambaran yang nyata di dunai kerja dan memebrikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan suara meraka, membuat pilihan dan memiliki program ini adalah sebagai bentuk implemntasi nyata dalam penerpan program 5S. Murid bisa mulai membiasakan diri dalam kegiatan keseharian di sekolah.

Dengan melakukan refleksi diri bahwa setiap program tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya koordinasii yang baik antar lini sekolah dari kepala sekolah sampai dengan murid. Setipa program yang dilaksanakan menggunakan alur BAGJA dan MELR ( monitoring, evaluasi, learning & reporting) dan menejemen resiko pada program yang dikembangkan selanjutnya.

 

4.      Future

Rencana kegiatan yang dilakukan diterapkan dan memebrikan dampak pengalaman kepad murid dan lingkungan dalam kegiatan belajar yang memihak kepad murid :

1)      5S bisa diterapakn di seluruh lingkungan sekolah

2)      Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan continue dengan menerapakan MELR. Karena lingkungan aset sekolah sangat mendukung untuk kegiatan ini dengan tujuan pembelajaran murid yang berkualitas.

Dokumen Aksi Nyata


Gambar 1. Bersama Murid menentukan desain layout bengkel


Gambar 2. Mempresentasikan hasil layout unuk diambil hasil yang tebaik

 

Gambar 3. Mengatur rencana kegiatan penataan bengkel

 






















Gambar 4. Bersama murid dan guru membuat jalur hijau dan marking alat di ruang bengkel



Gambar 5. Imoelementasi penggunakan Jalur hijau dan seiso di bengkel

 


 

 

 Gambar 6. Implementasi seiso di bengkel

 


Gambar 7. kondisi ruang alat di bengkel sesuai dengan 5S

 

  Mulai dari DIRI – Visi Sekolah Drs. Kamtar SMK Muhammadiyah 2 Andong A.       Merangkai Mimpi Lewat Kata - Kata 1.     Kami memimpik...