2.3.a.10. Aksi Nyata - Coaching
RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA
JUDUL MODUL : COACHING
NAMA CGP : SUNARDI, S.Pd ( SMK MUHAMMADIYAH 2 ANDONG )
A.
Latar Belakang
Pendididkan
adalah hak dari semua anak di indonesia. Dan pendidikan adalah proses untuk
menuntun tumbuh kembang anak sesuai dengan kodarat alam dan zamannya agar
memperoleh kabahagian dan keselamatan baik sebagai individu maupun bagian dari
sebuah masyarakat. Dalam penuntunan tumbuh kembang anak pastinya ada hal hal
yang dialami oleh anak dan mungkin anak mengalami kebimbangan dalam
menjalaninya. Maka seorang guru bukan hanya sebgai transfer pengetahuan akan
tetapi juga keterampilan. Dalam hal ini seorang guru juga dituntut untuk bisa
menjadi seorang coach. Dimana tugas seorang coach adalah untuk menuntun,
mengarahkan, mengembangkan anak untuk bisa berfikir kritis dan mampu mengambil
sebuah keputusan berdasarkan fakta yang ada. Sehingga akan mampu mengembangkan
potensi yang dia miliki secara maksimal. Dalam hal ini tugas guru adalah
memberikan pertanyaan pertanyaan untuk mengexplor segala potensi dan kemampuan
yang dimiliki oleh anak dan harapan yang dipunyai anak. Hal ini sesuai dengan
visi sekolah kami yaitu Menciptakan lulusan yang religius, berprestasi,
interprainersip dan berbudaya kerja.
Realita yang terjadi di SMK
Muhammadiyah 2 Andong selama proses pembelajaran di sekolah terkadang guru
mendapatkan kasus atau tantangan yang terkait dengan potensi baik untuk siswa
ataupun guru. Kasus dan tantangan tersebut seringkali menjadi penghambat
kemajuan dalam mencapai tujuan pendidikan. Sebagai solusi untuk hal tersebut adalah
dengan pemberian coaching kepada rekan sejawat dan siswa untuk bisa
mengembangkan potensi mereka dalam menggali potensi mereka. Dengan memberikan bimbingan
arahan utnuk bisa menggali potensiny untuk bisa dimanfaatkan dalam penyelesain masalah
dan tantangan yang mereka miliki
B.
Tujuan Tindakan Aksi Nyata
Adpaun Tujuan
dari kegiatan ini adalah :
1.
Dengan
mengexplor potensi yang dimiliki anak, anak memiliki pengalaman untuk bisa
menyesuaikan diri dengan perkembangan kodrat alam dan kodrat zaman
2.
Membantu
menyelesaikan sebuah masalah yang dimiliki oleh anak atau rekan sejawat dengan
cara menuntun dan membimbingnya untuk menemukan solusi yang diharapkan.
3.
Menciptkan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak kepada murid
C.
Tolak Ukur
Adapun Tolak
ukur keberhasilan kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1.
Rekan
sejawat dan murid mendapatkan solusi
terbaik sesuai harapan dalam penyelesaian masalahnya
2.
Potensi
rekan sejawat dan murid bisa optimal dan lebih percaya diri setalah melaksanakan
coaching
3.
Terciptanya
suasanan pembelajran yang berpihak kepaada murid
D.
Linimasa Aksi Nyata
Langkah langkah
kegiatan yang saya lakukan
1.
Membuat
rencana tindakan praktik aksi nyata
2. Melaksanakan
audensi kepada kepala sekolah untuk bisa mensosialisasikan kepada rekan
sejawat.
3.
Proses
coaching di komunitas sekolah dengan pendampingan
4.
Evaluasi
dan refleksi
5.
Tindak
lanjut kegiatan
E.
Dukungan Yang Dibutuhkan
Dalam melakukan
aksi nyata terkait coaching, CGP sepenuhnya didukung oleh kepala sekolah SMK
Muhammadiyah 2 Andong. Rekan guru SMK Muhammadiyah 2 Andong, Komunitas Praktis
Guru Menyenangkan, Siswa SMK Muhammadiyah 2 andong yang memiliki masalah untuk
peningkatan potensi agar bisa dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar