Selasa, 19 April 2022

2.3.a.10. Aksi Nyata - Coaching

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA

JUDUL MODUL : COACHING

NAMA CGP         : SUNARDI, S.Pd ( SMK MUHAMMADIYAH 2 ANDONG )

 

A.    Latar Belakang

Pendididkan adalah hak dari semua anak di indonesia. Dan pendidikan adalah proses untuk menuntun tumbuh kembang anak sesuai dengan kodarat alam dan zamannya agar memperoleh kabahagian dan keselamatan baik sebagai individu maupun bagian dari sebuah masyarakat. Dalam penuntunan tumbuh kembang anak pastinya ada hal hal yang dialami oleh anak dan mungkin anak mengalami kebimbangan dalam menjalaninya. Maka seorang guru bukan hanya sebgai transfer pengetahuan akan tetapi juga keterampilan. Dalam hal ini seorang guru juga dituntut untuk bisa menjadi seorang coach. Dimana tugas seorang coach adalah untuk menuntun, mengarahkan, mengembangkan anak untuk bisa berfikir kritis dan mampu mengambil sebuah keputusan berdasarkan fakta yang ada. Sehingga akan mampu mengembangkan potensi yang dia miliki secara maksimal. Dalam hal ini tugas guru adalah memberikan pertanyaan pertanyaan untuk mengexplor segala potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh anak dan harapan yang dipunyai anak. Hal ini sesuai dengan visi sekolah kami yaitu Menciptakan lulusan yang religius, berprestasi, interprainersip dan berbudaya kerja.

            Realita yang terjadi di SMK Muhammadiyah 2 Andong selama proses pembelajaran di sekolah terkadang guru mendapatkan kasus atau tantangan yang terkait dengan potensi baik untuk siswa ataupun guru. Kasus dan tantangan tersebut seringkali menjadi penghambat kemajuan dalam mencapai tujuan pendidikan. Sebagai solusi untuk hal tersebut adalah dengan pemberian coaching kepada rekan sejawat dan siswa untuk bisa mengembangkan potensi mereka dalam menggali potensi mereka. Dengan memberikan bimbingan arahan utnuk bisa menggali potensiny untuk bisa dimanfaatkan dalam penyelesain masalah dan tantangan yang mereka miliki

 

B.     Tujuan Tindakan Aksi Nyata

Adpaun Tujuan dari kegiatan ini adalah :

1.      Dengan mengexplor potensi yang dimiliki anak, anak memiliki pengalaman untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan kodrat alam dan kodrat zaman

2.      Membantu menyelesaikan sebuah masalah yang dimiliki oleh anak atau rekan sejawat dengan cara menuntun dan membimbingnya untuk menemukan solusi yang diharapkan.

3.      Menciptkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak kepada murid

 

C.    Tolak Ukur

    Adapun Tolak ukur keberhasilan kegiatan ini adalah sebagai berikut :

1.      Rekan sejawat dan murid mendapatkan solusi  terbaik sesuai harapan dalam penyelesaian masalahnya

2.      Potensi rekan sejawat dan murid bisa optimal dan lebih percaya diri setalah melaksanakan coaching

3.      Terciptanya suasanan pembelajran yang berpihak kepaada murid

 

D.    Linimasa Aksi Nyata

    Langkah langkah kegiatan yang saya lakukan

1.      Membuat rencana tindakan praktik aksi nyata

2.   Melaksanakan audensi kepada kepala sekolah untuk bisa mensosialisasikan kepada rekan sejawat.

3.      Proses coaching di komunitas sekolah dengan pendampingan

4.      Evaluasi dan refleksi

5.      Tindak lanjut kegiatan

 

E.     Dukungan Yang Dibutuhkan

         Dalam melakukan aksi nyata terkait coaching, CGP sepenuhnya didukung oleh kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 Andong. Rekan guru SMK Muhammadiyah 2 Andong, Komunitas Praktis Guru Menyenangkan, Siswa SMK Muhammadiyah 2 andong yang memiliki masalah untuk peningkatan potensi agar bisa dicapai.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Mulai dari DIRI – Visi Sekolah Drs. Kamtar SMK Muhammadiyah 2 Andong A.       Merangkai Mimpi Lewat Kata - Kata 1.     Kami memimpik...